Hal -hal yang Perlu Diperhatikan dalam Tata Cara Mandi Wajib / Mandi Besar


Hal -hal yang Perlu Diperhatikan dalam Tata Cara Mandi Wajib / Mandi Besar  adalah sebagai berikut :


1. Menggunakan air mutlak (suci) yaitu air yang murni belum tercampur oleh sabun atau pengotor lainnya yang dapat merubah sifat dan warna air. Sehingga lebih baik diawal selesaikan dulu rukun mandi wajib, baru setelah itu dilengkapi menggunakan sabun dan shampoo.

2. Mandi wajib telah menggatikan wudlu. Karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam sudah tidak wudhu lagi setelah mandi wajib. Seperti riwayat yang disampaikan bunda Aisyah Rodiallahu an:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak berwudhu setelah mandi.”Para ulama’ juga sudah bersepakat bahwa mandi besar sudah menggantikan wudhu, karena sebab-sebab hadast besar lebih banyak dari pada hadast kecil. Sehingga apabila hadast besar dibersihkan maka hadast kecil juga telah hilang. Masih banyak alasan lain yang dijelaskan oleh para ulama’.

3. Seluruh bagian tubuh harus terkena oleh air. Mohon maaf, untuk yang berbadan gemuk sering kali ada bagian bawah tubuh atau di lipatan – lipatan tertentu yang tidak terkena air. Itu dapat membuat mandi wajib tidak sempurna. Jadi harus benar-benar teliti.

4. Harus menutup aurot dari pandangan manusia. Sudah menjadi ketetapan di dalam Islam bahwa menutup aurot hukumnya wajib. Mandi wajib harus membuka semua pakaian agar tidak ada bagian tubuh yang terhalang dari air, sehingga pelaksanaannya harus di tempat tertutup.

5. Tidak boleh menutup kepala saat mandi karena dapat menghalangi rambut dan kulit kepala dari air. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh ibu – ibu.

6. Bagi perempuan yang menyanggul rambutnya boleh tidak melepas penutup kepalanya.Itulah panduan tata cara solat dan hal yang berkaitan dengannya, semoga dapat menambah kesempurnaan kita dalam beribadah kepada Allah Subhaanahu Wata’ala.

0 Response to "Hal -hal yang Perlu Diperhatikan dalam Tata Cara Mandi Wajib / Mandi Besar"

Posting Komentar