10 Alasan Kenapa WiFi Lemot dan Cara Memperbaikinya


10 Alasan Kenapa WiFi Lemot dan Cara Mengatasinya Bagi Anda pengguna WiFi yang aktif, pasti pernah sesekali mengalami kelambatan koneksi internet dari WiFi, bukan? Atau pernah mengalami WiFi lemot di Android padahal sinyal penuh? Nah, jika Anda adalah seseorang yang pernah mengalami hal tersebut maka jangan langsung menyalahkan provider-nya, ya!

Pasalnya, ada kemungkinan router WiFi Anda yang bermasalah. Namun, tidak menutup kemungkinan juga provider penyedia layanan WiFi sedang bermasalah. Lantas bagaimana caranya mengatasi WiFi lemot? Tentu saja Anda harus mengetahui alasan kenapa WiFi lemot sebelum mengatasinya. Maka dari itulah, Kami,  kali ini akan mengulas 10 alasan penyebab WiFi lemot.

Tidak hanya sekedar memaparkan penyebab kelemotan pada WiFi, Kami juga akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasinya. Penasaran? Langsung simak kesepuluh alasan kenapa WiFi lemot dengan baca artikel ini sampai akhir ya!

10 Penyebab Kenapa WiFi Lemot

1. Belum Mengaktifkan WiFi

Sebelum mengotak-atik router WiFi, sebaiknya Anda coba mengecek perangkat Anda terlebih dahulu. Sebab, mungkin saja HP atau Laptop Anda belum mengaktifkan jaringan WiFi. Jadi, kemungkinan Anda lupa untuk mengaktifkan jaringan WiFi di perangkat.

Nah, maka dari itulah cek atau periksalah perangkat yang menggunakan WiFi. Sudahkah Anda mengaktifkan koneksi WiFi-nya atau belum. Jika belum, maka segeralah aktifkan WiFi-nya. Cara mengaktifkan WiFi di HP dan laptop berbeda-beda.

Jika Anda kesulitan menemukan fitur WiFi pada perangkat maka Anda bisa langsung masuk ke dalam setting. Biasanya, baik di laptop atau HP, menu setting mencakup pengaturan yang ada di perangkat termasuk pengaturan jaringan WiFi.

2. Koneksi Internet Bermasalah

Sudah mengaktifkan jaringan WiFi tapi masih saja lemot bahkan tidak mendapatkan koneksi internet? Coba periksa kecepatan internet. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, Anda bisa menyambungkan kabel Ethernet pada laptop / PC.

Cobalah untuk online dengan kabel Ethernet dan cek kecepatan internet secara online. Nah, jika kecepatannya masih wajar dan normal mungkin Anda salah menaruh posisi router WiFi.

Namun, jika Anda masih belum bisa terkoneksi dengan internet maka kemungkinan ada permasalahan pada provider penyedia WiFi. Untuk permasalahan pada provider, Anda jangan ragu untuk telepon pihak provider-nya ya!

3. Kabel LAN yang Terputus

Masih pusing dengan internet lemot sampai tidak ada koneksi internet? Kalau begitu coba cek kabel LAN yang ada pada router WiFi. Kemungkinan Anda salah menyambungkan kabel LAN atau mungkin Anda belum menyambungkan kabel LAN untuk WiFi.

Namun, jika Anda kurang paham cara menyambungkan kabel LAN maka sebaiknya segeralah hubungi pihak provider untuk meminta bantuan. Jangan sampai Anda justru membuat router WiFi tidak bekerja atau rusak karena kurang mengerti cara menyambungkan kabel LAN.

4. Meletakkan Router WiFi di Lantai

Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika koneksi internet lancar ketika menggunakan kabel Ethernet maka kemungkinan Anda salah meletakkan posisi router WiFi. Ya, salah satu tempat yang salah untuk router WiFi adalah di lantai.

Mengapa? Router WiFi sama halnya dengan antenna pada TV, jika Anda meletakkannya di posisi yang rendah maka sinyal yang didapat pun tidak akan maksimal. Maka dari itulah, Kami sarankan untuk tidak meletakkan router WiFi di lantai.

Sebab, hal tersebut akan mempersulit router WiFi untuk mendapatkan sinyal. Cobalah untuk meletakkan router WiFi di tempat yang tinggi. Misalnya, Anda bisa meletakkannya di atas meja atau lemari.

5. Meletakkan Router WiFi Terlalu Jauh

Router WiFi memiliki kapasitas jangkauan tertentu. Nah, jika Anda meletakkan router WiFi terlalu jauh maka besar kemungkinan Anda susah mendapatkan koneksi internet. Jadi, Kami sarankan untuk menaruh router WiFi di tempat yang strategis.

Maksudnya adalah, Kami menyarankan untuk meletakkan router WiFi di ruangan yang sering Anda tempati. Misalnya, Anda lebih suka internetan di dalam kamar maka Anda bisa letakkan router-nya di kamar atau di ruangan yang dekat dengan kamar Anda. Jangan lupakan juga poin sebelumnya untuk memposisikan router WiFi berada di atas. Jangan letakkan di tempat rendah seperti lantai. Taruhlah router di meja atau di atas lemari, ya!

6. Router Berada di Ruangan Tertutup

Ya, memang disarankan untuk meletakkan router WiFi di dalam kamar. Namun, Anda juga harus memperhatikan ruangan kamar Anda, apakah ruangannya sangat tertutup atau tidak. Jika ruangan kamar Anda terlalu tertutup dan gelap, maka hal tersebut justru menghambat sinyal internet. Memang, jika Anda sedang berada di ruangan tertutup yang ada router WiFi-nya, maka sinyal internet akan sangat kencang. Namun, ketika Anda sudah keluar dari ruangan tertutup maka sinyal internet akan lemot parah. Maka dari itulah, pilihlah ruangan yang dekat dengan Anda namun tetap terbuka dan router bisa terlihat dari sisi manapun.

7. Meletakkan Router di Dekat Jendela

Alasan lainnya kenapa WiFi lemot adalah, lagi-lagi masalah letak router WiFi. Anda tidak disarankan untuk meletakkan router WiFi dekat jendela. Jika Anda meletakkan router dekat jendela maka kemungkinan membuat internet semakin lemot.

Mengapa? Sebab WiFi akan mengirimkan sinyal ke luar jendela yang artinya sinyal internet akan terbagi. Jadi, usahakan untuk tidak meletakkan router WiFi di dekat jendela agar sinyal tidak terbagi dengan ruang yang berada di luar jendela.

8. Router Berdekatan dengan Barang Elektronik Lainnya

Jika Anda menaruh atau meletakkan router WiFi berdekatan dengan barang elektronik lainnya, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab WiFi lemot. Sebab, barang elektronik lain dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengacaukan sinyal internet.

Maka dari itulah, Kami menyarankan untuk meletakkan router WiFi berjauhan dengan barang elektronik lainnya. Jauhkan router dari TV, Microwave, ponsel, atau perangkat elektronik lainnya agar sinyal WiFi bisa bekerja secara optimal.

9. Terlalu Banyak Pengguna

WiFi bisa digunakan oleh siapapun selama Anda masih berada di jangkauan router. Tak menutup kemungkinan, penyebab kelemotan WiFi adalah terlalu banyak pengguna yang memanfaatkan WiFi Anda. Terlebih lagi jika Anda menggunakan WiFi di tempat umum.

Ya, jika terlalu banyak yang menggunakan WiFi secara bersamaan maka besar kemungkinan Anda akan kesulitan untuk internetan dengan lancar. Jadi, pastikan bahwa pengguna WiFi tidak terlalu banyak. Misalnya, Anda menggunakan WiFi di dua HP ditambah dengan laptop, belum lagi teman atau tetangga yang ikut menggunakan WiFi.

Cara mengatasi hal yang satu ini adalah dengan mengatur password pada jaringan WiFi Anda. Jadi, tidak sembarang orang yang bisa menikmati fasilitas WiFi Anda. Namun, jika Anda menggunakan WiFi publik maka Anda harus bersabar ya.

10. Mendownload dengan Kapasitas yang Besa

Nah, penyebab WiFi lemot adalah Anda mungkin sedang mendownload dengan kapasitas yang besar. Menggunakan WiFi memang asyik untuk mendownload film, game, lagu, atau mendownload hal lainnya.

Namun, mendownload dengan kapasitas yang besar, Anda harus mengerti resikonya. Apa resikonya? Ketika Anda tengah asyik mendownload dan ingin sambil berselancar di internet, maka kemungkinan Anda akan mendapatkan sinyal yang lemot untuk internetan.

Baca Juga : 10 Aplikasi Pelacak HP Android yang Hilang atau Dicuri
Kenapa? Karena WiFi akan mengalokasikan sinyal internet untuk menyelesaikan download Anda. Jadi, jika Anda ingin internetan lancar menggunakan WiFi, lebih baik untuk menunda download. Anda bisa melakukan download di saat Anda sedang tidak ingin internetan ya

0 Response to "10 Alasan Kenapa WiFi Lemot dan Cara Memperbaikinya"

Posting Komentar